About Us

About Us

Tentang Kami

Untitled

Tantangan terbesar yang dihadapi negara-negara yang bergerak di bidang pangan dan pertanian secara global adalah mengubah keunggulan komparatif menjadi keunggulan kompetitif. Masalah daya saing berkaitan dengan produksi, pangsa pasar, keunggulan ekspor relatif dan daya saing komoditas; dari segi mutu, keamanan dan gizi, menjadi kritis dan perlu diinternalisasikan.

Di Institut Pertanian Bogor, program penelitian dan pendidikan gizi dan pangan telah dikembangkan selama lebih dari 30 tahun. Sebelumnya, ada beberapa Pusat yang terkait dengan ilmu dan teknologi gizi dan pangan. Sejak 1979 Pusat Pengembangan Teknologi Pangan (FTDC) didirikan di IPB. Pada tahun 1985; Pusat Antar Universitas untuk Pangan dan Gizi didirikan dan dikembangkan lebih lanjut menjadi Pusat Studi Pangan dan Gizi (CFNS) pada tahun 1992. Pusat-pusat lain yang terkait dengan gizi, ilmu pangan dan teknologi juga didirikan; yaitu Center for Food and Nutrition Policy Studies (CFNPS; sejak 1987) dan Center for Assessment of Traditional Foods (CATF, 1997).

Karena proses reorganisasi dan konsolidasi di Institut Pertanian Bogor; pada tahun 2004, pusat-pusat tersebut dikonsolidasikan dan digabung menjadi satu pusat bernama Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center.

Pusat ini dirancang untuk mengembangkan sistem kemitraan nasional dan regional di bidang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pangan dan pertanian. Secara umum, SEAFAST Center dirancang untuk menyatukan universitas, pemerintah, donor, dan sektor bisnis untuk fokus pada peningkatan masalah ilmu dan teknologi pangan untuk Indonesia dan jika perlu, di negara-negara ASEAN lainnya. IPB telah mengamanatkan SEAFAST center menjadi pusat regional yang berfokus pada peningkatan kualitas, gizi dan keamanan pangan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk mencapai target menjadi pusat regional; Pusat SEAFAST secara aktif mencari kemitraan dan kerjasama timbal balik dengan banyak lembaga nasional, regional dan internasional.

Di tingkat nasional, SEAFAST Center IPB (terutama melalui pusat-pusat sebelumnya CFNS, CFNPS; dan CATF) telah terlibat aktif dalam pengembangan kebijakan nasional, terutama dalam aspek mutu, keamanan, dan gizi pangan. Lembaga mitra nasional kami antara lain Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Riset dan Teknologi, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nasional, serta industri pangan nasional. Secara internasional, Center kami juga memiliki hubungan yang kuat dengan universitas terkemuka dan lembaga terkait makanan lainnya di Asia, Amerika Utara, dan Eropa.

Lebih mengembangkan kapasitas untuk dapat berperan penting dalam peningkatan berkelanjutan sistem keamanan pangan nasional; SEAFAST Center secara aktif mencari peluang untuk mengembangkan kerjasama dengan lembaga internasional yang berhubungan dengan kualitas pangan, keamanan dan gizi.

Sejak tahun 2004; IPB melalui SEAFAST Center, telah menjalin kerjasama dengan Texas A&M University. Sejak Januari 2005, Texas A&M University (TAMU) dianugerahi hibah USDA-Foreign Agricultural Service416(b). Hibah ini akan membantu pengembangan Pusat Sains dan Teknologi Pangan dan Pertanian Asia Tenggara (SEAFAST) di Bogor, Indonesia.

error: Content is protected !!