Road Map Pengembangan Tanaman Karimenga, Pala dan Aren

Dokumen ini ditujukan sebagai acuan atau peta jalan bagi pelaksanaan penelitian beberapa tanaman tropis yang terdiri dari Aren, Pala dan Karimenga. Dokumen ini ditujukan untuk dapat digunakan oleh tenaga pengajar (dosen) maupun mahasiswa sebagai bahan acuan untuk mengembangkan kegiatan penelitiannya terkait dengan ketiga jenis tanaman tropis dimaksud.

Tujuan Road Map pengembangan komoditi karimenga, pala dan aren sebagai tanaman Tropis di Sulawesi utara adalah:

  1. Memandu perencanaan pembangunan pertanian di Sulawesi utara untuk menetapkan komoditas unggulan yang multiguna, berdaya saing, yang dapat memicu pertumbuhan wilayah, serta dapat mensejahterakan petani dan pelaku agribisnis.
  2. Memberikan bahan acuan bagi pemerintah Sulawesi utara dalam perencanaan menumbuh kembangkan komoditas unggulan karimenga, pala dan aren sebagai tanaman industri multiguna secara bertahap dan berkelanjutan.
  3. Mengarahkan dan mendorong masyarakat petani dan pelaku agribisnis untuk membuka usaha dan investasi baru dalam pengembangan komoditas unggulan karimenga, pala dan aren yang merupakan tanaman industri multiguna.

Manfaat yang diharapkan dari Road Map komoditas karimenga,pala dan aren antara lain:

  1. Road Map dijadikan informasi bagi pengambil kebijakan (pemerintah dan swasta) untuk pengembangan komoditas karimenga, pala dan aren yang merupakan tanaman industri multiguna, berdaya asing, dapat memacu pertumbuhan wilayah serta dapat mensejahterakan petani dan pelaku agribisnis.
  2. Road Map dapat memberikan bahan acuan bagi masyarakat akademik, media masa, penggerak swadaya masyarakat serta penyelenggara Negara dalam memfasilitasi komoditas unggulan karimenga, pala dan aren untuk dijadikan usaha dan investasi baru dalam mensejahterakan petani dan pelaku agribisnis.
  3. Road Map dapat menjamin tercapai tujuan dan sasaran program serta kegiatan pembangunan pertanian nasional secara efisien, efektif, kompetitif serta berkesinambungan.

View/Download Publication