Pisang Goroho: Konservasi Plasma Nutfah dan Budidaya

Pisang adalah tanaman buah, sebagai sumber vitamin dan karbohidrat. Di Indonesia, pisang yang ditanam baik dalam skala rumah tangga ataupun perkebunan kecil, pemeliharaannya kurang intensif. Untuk itu perlu suatu cara pendekatan khusus, agar tanaman pisang dikenal manfaatnya oleh masyarakat.

Tanaman pisang banyak berkembang di indonesia dan memiliki keragaman jenis dan bentuknya serta kandungan manfaat didalamnya. dalam tulisan ini akan memperkenalkan tanaman pisang khas di Sulawesi Utara, dengan nama Pisang Goroho.

Tanaman ini cukup terkenal bagi masyarakat Sulawesi Utara karena memiliki nilai manfaat yang tinggi. Penggunaan Pisang Goroho di masyarakat Sulawesi Utara sejak jaman Nenek Moyang dahulu. Pisang Goroho umumnya hanya tumbuh di samping-samping rumah, atau dikebun di pingiran kebun atau larikan tengah kebun.

Penggunaan pisang Goroho, umumnya di jadikan pisang goreng, pisang rebus. Kue pisang goroho biasanya disajikan pada saat akan minum kopi pagi, sore hari setelah melakukan pekerjaan. Selain untuk saji saat minum kopi, pisang goroho juga digunakan oleh orang-orang yang menderita diabetes.

View/Download Complete Module