Pengolahan Gula Aren

Proses pembuatan gula aren dari pohon aren sudah berlangsung sejak lama dandipraktekkan oleh masyarakat desa di Sulawesi Utara secara turun-temurun. Teknikpembuatan dari satu tempat ke tempat lainnya relatif seragam dan tidak mengalamiperubahan yang nyata selama bertahun-tahun. Peralatan yang digunakan dan carapengolahan masih dilakukan secara sederhana dan apa adanya. Perkembangan dewasaini, para petani gula aren mulai mengembangkan produk turunan dari gula aren, yaitugula semut yang proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lebih lamadibandingkan dengan pembuatan gula aren biasa.

Berdasarkan pengamatan dilapangan, khususnya di desa Kayawu dan Kelurahan WailanKota Tomohon, para petani menggunakan pohon aren yang relatif belum tercemardengan pestisida buatan pabrik. Mereka masih mengandalkan bahan bakuyang berasaldari hutan dan biasanya pohon aren ini tidak ditanam, melainkan tumbuh liar.

Modul ini secara khusus akan membahas tentang cara mengenali pohon aren dilapangandan proses pembuatan gula semut dari pohon aren.Pengenalan dilakukan dalam bentukdeskripsi dan gambar untuk mengenali bagian-bagian pohon aren. Untuk prosespembuatan akan diuraikan mulai dari pemilihan pohon sebagai sumber bahan baku,proses persiapan penyadapan, penyadapan, penampungan, pemasakkan, danpengepakan.

View/Download Complete Module