Kandungan Nutrisi dan Senyawa Bioaktif Rebung Bambu Tabah yang dibudidayakan di Desa Pupuan-Tabanan

Bambu tabah dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah sampai di tempat-tempat pada ketinggian 600 m diatas permukaan laut. Bambu tabah dapat tumbuh pada daerah tropis yang lembab di sepanjang sungai dengan ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Bambu ini juga dapat tumbuh dengan baik pada tipe tanah latosol dengan curah hujan hingga 3,000 mm (Kencana, 2009).
Pelepah rebung bambu tabah berwarna coklat muda sampai hijau ke abu-abuan, tertutup miang berwarna hitam tersebar tidak merata. Warna daun pelepah buluh pada ujung rebung berwarna coklat muda sampai hijau. Perbedaan warna pelepah tersebut tergantung dari pertumbuhan dan cara panen rebung tersebut. Apabila rebung dipanen pada saat masih di dalam tanah, warna pelepah coklat muda, serta daging rebung berwarna putih.
Menurut Shi and Yang, (1992), rebung sangat digemari di samping rasanya enak, mengandung nilai nutrisi yang baik untuk untuk kesehatan. Namun demikian tidak semua jenis rebung aman untuk dikonsumsi. Rebung sebagai sayuran segar tidak jauh berbeda dengan sayur-sayuran lainnya, yaitu mempunyai sifat mudah rusak.

View/Download Complete Research Article