Training

Training

Pelatihan yang diberikan di SEAFAST Center antara lain:

 1. Evaluasi Sensori

Pelatihan penggunaan kemampuan indra manusia untuk mengukur/mengobservasi sifat dan akseptabilitas pangan dan aplikasinya dalam pengawasan mutu pangan, meliputi pengenalan sifat organoleptik, manusia sebagai panelis, laboratorium organoleptik, penyajian dan persiapan uji, pemilihan metode uji, dan pengolahan data uji organoleptik. Pelatihan dapat dilakukan secara online, offline, maupun hybrid.

 2. Penentuan  dan  pengendalian  masa kadaluarsa  produk pangan

Pelatihan ini membahas mengenai perubahan mutu selama pengolahan dan penyimpanan produk pangan, prinsip penetapan dan pendugaan masa kadaluarsa, desain percobaan prediksi masa simpan dengan metode Arrhenius dan Sorpsi Air, serta metode sensori untuk penetapan umur simpan. Di samping melakukan simulasi untuk mendesain pendugaan umur simpan, peserta juga berpartisipasi dalam diskusi kelompok yang membahas studi kasus dalam beberapa set produk pangan.

 3. Proses Thermal

Pelatihan mengenai pemanfaatan proses termal untuk pengolahan produk pangan khususnya untuk pengolahan pangan steril komersial. Pelatihan dikembangkan berdasarkan pedoman proses termal dari USFDA serta Peraturan BPOM mengenai persyaratan pangan steril komersial. Beberapa topik yang akan dipelajari antara dasar-dasar pengolahan pangan dengan panas: pasteurisasi, hot filling, dan sterilisasi, mikrobiologi makanan kaleng dan proses termal, retort, distribusi suhu, perhitungan proses termal, perhitungan proses termal, dll. Materi akan disampaikan dalam bentuk ceramah, observasi, latihan langsung, dan diskusi.

 4. Cold Chain Management

Pelatihan ini bertujuan agar peserta memahami dasar teori manajemen rantai dingin untuk produk pangan dan mampu mempraktikkan pemantauan dan pendokumentasian manajemen rantai dingin untuk produk pangan. Beberapa topik yang dipelajari antara lain karakteristik bahan atau produk pangan dengan perlakuan manejemen rantai dingin, inovasi mikroba perusak dan patogen pangan pada suhu dingin, peralatan utama rantai dingin, distribusi dan penyimpanan dingin, pemantauan suhu, dsb.

 5. Better Process Control School (BPCS)

Output training ini adalah personel yang sangat unggul dalam pemahaman dan kompetensi mengenai proses termal dan aspek keamanan dari produk pangan terkemas yang diproses dengan panas. Beberapa topik yang akan dibahas adalah mengenai aspek mikrobiologi, prinsip pangan berasam tinggi, prinsip proses termal, prinsip sanitasi pabrik pangan, peralatan, instrumentasi dan operasi sistem termal, dsb. Peserta yang lulus dalam ujian yang ditetapkan akan menerima sertifikat BPCS yang dikeluarkan oleh GMA (disetujui oleh USFDA).

 6. Kompetensi Penjamah Pangan (Pengelolaan hygiene dan sanitasi)

Pelatihan berbasis kompetensi ini dirancang untuk melatih peserta memahami prinsip pengelolaan hygiene dan sanitasi di industri pangan maupun jasa boga. Pelatihan dikembangkan berdasarkan SKKNI No. 618 Tahun 2016 tentang penetapan SKKNI Kategori Industri Pengolahan Golongan Pokok Industri Makanan Bidang Keamanan Pangan mencangkup :

  • Melaksanakan Program dan Prosedur Keamanan Pangan
  • Melakukan Praktek Penanganan Pangan Yang Aman
  • Menganalisis Bahaya Keamanan Pangan
  • Melakukan Pelatihan Keamanan Pangan
  • Melakukan Kebersihan Diri dan Lingkungan dalam Pengelolaan Jasa Usaha Makanan Berdasarkan Prinsip Hygiene Sanitasi

Peserta yang lulus ujian kompetensi akan memperoleh Sertifikat Kompetensi Pengelolaan Higiene dan Sanitasi Makanan yang dikeluarkan oleh BNSP.

 7. Kompetensi Pengelolaan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik

Pelatihan berbasis kompetensi ini dirancang untuk melatih peserta memahami prinsip dan praktik cara produksi pangan olahan yang baik (CPPOB/ GMP). Pelatihan dikembangkan berdasarkan SKKNI No. 618 Tahun 2016 tentang penetapan SKKNI Kategori Industri Pengolahan Golongan Pokok Industri Makanan Bidang Keamanan Pangan mencangkup:

  • Melaksanakan Program dan Prosedur Keamanan Pangan
  • Mendesain CPPOB/GMP dan SSOP
  • Melakukan Pelatihan Keamanan Pangan

Peserta yang lulus ujian kompetensi akan memperoleh Sertifikat Kompetensi Pengolahan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) yang dikeluarkan oleh BNSP.

 8. Kompetensi Mendesain dan mendokumentasikan 7 prinsip HACCP

Pelatihan berbasis kompetensi ini (berdasarkan  SKKNI No. 618 Tahun 2016 tentang penetapan SKKNI Kategori Industri Pengolahan Golongan Pokok Industri Makanan Bidang Keamanan Pangan) dirancang untuk melatih peserta memahami konsep HACCP dan menyiapkan dokumen HACCP, khususnya untuk industri pangan. Topik yang dibahas meliputi dasar-dasar keamanan pangan, pengembangan sistem manajemen keamanan pangan, serta 7 prinsip HACCP (total 12 langkah). Pelatihan disampaikan dengan komposisi antara teori, diskusi kelompok, penugasan serta praktik kunjungan ke industri yang seimbang. Peserta yang lulus ujian kompetensi akan memperoleh Sertifikat Kompetensi Penyusunan Dokumen HACCP yang dikeluarkan oleh BNSP.

 9. Kompetensi Barista

Pelatihan kompetensi ini dikembangkan berdasarkan dikembangkan berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 370 tahun 2013. Beberapa topik yang akan dipelajari antara lain pengelolaan bahan baku, peralatan dan perlengkapan, area kerja, penanganan pelanggan, peroperasiaan peralatan, pengembangan produk minuman kopi, prosedur K3, penenganan situasi konflik, dan komunikasi lisan. Peserta yang lulus ujian kompetensi akan memperoleh Sertifikat Kompetensi Barista yang dikeluarkan oleh BNSP.

 10. Kompetensi Pengawas Pangan Segar

Pelatihan kompetensi ini dikembangkan berdasarkan SKKNI No. 45 Tahun 2013. Kompetensi atau topik yang akan dibahas selama pelatihan meliputi:

  • Melakukan Pengawasan Panen dan Pasca Panen
  • Melakukan Pengawasan Distribusi ke Pelanggan
  • Melakukan Pengawasan Tempat Penerimaan Produk dan Gudang Penyimpanan
  • Melakukan Pengawasan Proses Pengemasan dan/atau Pengemasan Ulang
  • Melakukan Pengawasan Tempat Pemajangan

Peserta yang lulus ujian kompetensi akan memperoleh Sertifikat Kompetensi Penjaminan Pangan Segar Asal Tumbuhan yang dikeluarkan oleh BNSP.

 11. In House Training (berdasarkan permintaan)

Selain menawarkan pelatihan existing, SEAFAST Center membuka kemungkinan untuk memberikan pelatihan yang di-customized menyesuaikan kebutuhan mitra.

 

 
 
error: Content is protected !!