News

Pelatihan Petugas Pengambil Contoh (PPC)

Badan Pangan Nasional Bekerjasama dengan SEAFAST Center adakan Pelatihan Petugas Pengambil Contoh (PPC)

Direktorat Pengawasan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan, Badan Pangan Nasional bersama SEAFAST Center mengadakan Pelatihan Petugas Pengambil Contoh (PPC) yang diselenggarakan secara offline di Bogor, 26-30 September 2022. Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta yang merupakan pengawas keamanan pangan segar provinsi/kabupaten/kota dibawah Direktorat Pengawasan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan, Badan Pangan Nasional yang datang dari berbagai daerah.

Penjaminan mutu dan keamanan sarana dan produk pertanian memerlukan pengujian mutu dan keamanan sarana di laboratorium terhadap contoh yang diambil. Contoh yang diambil harus dapat mewakili populasi sarana atau produk pertanian yang diuji, untuk itu diperlukan petugas pengambil contoh yang berkompeten. Selain itu, perlu dipersiapkan infrastruktur penunjang, baik berupa perangkat lunak, maupun perangkat kerasnya.

Pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi calon petugas pengambil contoh pangan segar. Diakhir pelatihan, para peserta mendapatkan kesempatan untuk praktek secara langsung ke beberapa pasar dan gudang pangan segar yang kiranya akan menjadi tempat sampling dalam pekerjaan mereka sehari-hari.

 

error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x