E-mail Print PDF
Diskusi Rencana dan Strategi Pelaksanaan
Penelitian 3-MCPDE dan GE
Minyak Sawit di Indonesia

Penandatanganan Kontrak Penelitian dan Pengembangan Sawit

 Pada tanggal 3 Mei 2018, SEAFAST Center LPPM IPB mengadakan pertemuan dengan tim Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) dan tim Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Indonesia bertempat di Sekretariat GIMNI (Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia) Gedung Multivision Tower, Kuningan, Jakarta. Dalam pertemuan ini tampak hadir Bapak Sahat M. Sinaga sebagai pimpinan GIMNI dan Dr. Donald Siahaan selaku Ketua Kelompok Peneliti PAHAM PPKS Medan yang dalam hal ini sebagai anggota tim peneliti serta tim peneliti SEAFAST Center LPPM IPB. Agenda pertemuan antara membahas rencana dan strategi pelaksanaan penelitian 3-MCPDE dan GE Minyak Sawit di Indonesia.

 Pertemuan ini merupakan tindak lanjut proposal penelitian Mitigasi Issue Kandungan 3-MCPDE dan GE Minyak Sawit di Indonesia yang didanai oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Tahun 2018. Kontrak penelitian tersebut telah ditandatangani oleh Direktur Utama BPDPKS dan Kepala LPPM IPB pada tanggal 23 April 2018 yang lalu.

 Pertemuan kali ini merupakan titik penting dimana Kepala SEAFAST Center LPPM IPB sekaligus Ketua Tim Peneliti, Prof. Dr. Nuri Andarwulan mempresentasikan garis besar proyek penelitian 3-MCPDE dan GE Minyak Sawit di Indonesia sehingga diharapkan semua pihak dapat saling mendukung demi kelancaran penelitian yang akan berdampak signifikan pada industri kelapa sawit di Indonesia. Salah satu kesepakatan pada pertemuan ini adalah Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) akan mendukung penelitian ini. Adapun bentuk dukungan yang diberikan antara lain dalam kegiatan survei dan sampling CPO dan minyak sawit ke PKS serta refinery di 7 zona produksi kelapa sawit Indonesia . Selain itu DMSI juga bersedia memberikan dukungan dana untuk publikasi hasil penelitian ini. SEAFAST Center LPPM IPB bersama dengan tim yang terlibat diantaranya PPKS Seafast juga diharapkan dapat mengidentifikasi titik kritis dalam proses produksi minyak sawit dan mengkomunikasikan dan mempublikasikan hasil dari tiap tahap penelitian . Pada pertemuan ini juga disepakati kerjasama riset antara SEAFAST Center LPPM IPB dengan PPKS Medan dalam hal Pemetaan dan Karakterisasi Sifat Fisika Kimia CPO dan Olein di 7 Zona Produksi Minyak Goreng Sawit di Indonesia dan Sampling CPO di PKS dan sampling olein di refinery. Semoga pertemuan ini menjadi awal koordinasi, kerjasama dan sinergi antar stakeholders sawit Indonesia dalam menghadapi issue kandungan 3-MCPDE dan GE minyak sawit di Indonesia (MAN dan YSU).


Presentations