E-mail Print PDF
Pelatihan Pendugaan dan Pengendalian
Masa Kadaluarsa Produk Pangan
Bogor,7-9 Mei 2018

Pelatihan Pendugaan dan Pengendalian Masa Kadaluarsa Produk Pangan

 Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB bekerjasama dengan SEAFAST Center IPB melakukan pelatihan Pendugaan dan Pengendalian Masa Kadaluarsa (Shelf Life) Produk Pangan yang diadakan secara reguler. Pelatihan yang dilakukan kali ini merupakan angkatan ke XII. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 7⎼9 Mei 2018 di kantor Seafast Center, Kampus IPB Baranangsiang. Peserta yang hadir terdiri dari beragam latar belakang dan instansi di antaranya industri, akademisi dan lembaga pemerintahan.

 Acara dimulai dengan pembukaan oleh Prof. Nuri Andarwulan yang dilanjutkan oleh materi mengenai perubahan mutu selama pengolahan dan penyimpanan produk pangan. Materi yang disajikan mengenai umur simpan sangat komprehensif, dimulai dari prinsip penetapan dan pendugaan masa kadaluarsa, desain percobaan prediksi masa simpan dengan metode Arrhenius dan Sorpsi Air, serta metode sensori untuk penetapan umur simpan. Penyajian materi dikemas dengan menarik oleh Dr. Feri Kusnandar, Dr. Elvira Syamsir, Dr. Dede R. Adawiyah dan Dr. Nur Wulandari.

 Di samping melakukan simulasi untuk mendesain pendugaan umur simpan, peserta juga berpartisipasi dalam diskusi kelompok yang membahas studi kasus dalam beberapa set produk pangan. Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari ini tidak hanya membekali peserta dengan materi mengenai umur simpan, tetapi juga menjadi ajang untuk bertukar pikiran dimana peserta dari beragam instansi yang mewakili industri, lembaga pemerintah dan akademisi menyampaikan masalah-masalah nyata yang mereka hadapi sehingga dalam forum ini peserta juga mampu mendapat solusi dari kendala yang mereka hadapi dan juga belajar dari permasalahan nyata yang dihadapi oleh peserta lain dari instansi yang berbeda.


Presentations