E-mail Print PDF
Launching Indonesia Hygiene Forum


Launching Indonesia Hygiene Forum

  Seafast Center LPPM IPB mengikuti launching Indonesia Hygiene Forum(IHF) tanggal 23 April 2018 yang disponsori oleh Unilever. Dilatarbelakangi oleh keinginan untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kebersihan, forum ini diharapkan dapat menjadi wadah menjalin kerjasama yang erat antara pemerintah, industri, akademisi dan kelompok masyarakat serta pihak-pihak yang terkait lainnya. Ke depannya direncanakan adanya target nyata dari IHF. Salah satu target terdekat adalah menampung ide dan temuan-temuan dari tiap stakeholder.

Pembukaan dilakukan oleh Direktur Unilever Indonesia, Hemant Bakshi dan dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes, Drg. Kartini Rustandi, M. Kes. Kemudian, materi mengenai pentingnya edukasi kepada konsumen tentang hidup higienis dari perwakilan Badan POM RI Dra. Maya Agustina Andarini, Apt, M.Sc. terakhir diskusi panel yang menghadirkan guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Prof. Dr. Purnawan Junadi, MPH, dokter spesialis mikroblogi klinik, dr. Wani Devita Gunardi, SpMK dan ilmuwan senior dari Unilever Global Dr. Amitabha Majumdar.

Prof. Purnawan mengedepankan pentingnya ketersediaan air bersih, toilet, kesadaran akan kebersihan dan gizi yang baik bagi masyarakat. Tanggapan yang menarik dalam diskusi ini mengenai kekurangkuratan data yang tersedia mengenai kondisi sanitasi dan higiene di Indonesia dan terkadang dari beberapa oknum dokter sendiri masih belum menerapkan higiene atau sanitasi yang baik disampaikan oleh Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia Dr. drg R.M Sri Hananto Seno. Selain itu perhimpunan pengendalian infeksi di Indonesia juga mengkhawatirkan kurang memadainya penanganan sampah rumah sakit yang merupakan titik kritis penyebaran penyakit menular. (MAN)



Presentations