E-mail Print PDF
PELATIHAN DIVERSIFIKASI USAHA BAGI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI

KABUPATEN BOGOR 19-20 MARET 2018

DPELATIHAN DIVERSIFIKASI USAHA BAGI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI </b> KABUPATEN BOGOR

SEAFAST Center LPPM IPB bekerja sama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bogor. mengadakan Pelatihan Diversifikasi Usaha bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Bogor pada Senin-Selasa, 19-20 Maret 2018. Kegiatan hari pertama dilaksanakan di Hotel New Cipayung Asri (Jl. Raya Puncak No. 88 Km. 75 Cipayung, Megamendung, Kabupaten Bogor) dimana kegiatan pada hari ini adalah penyampaian materi pelatihan dari narasumber yang berasal dari SEAFAST Center LPPM IPB. Kegiatan hari ke-2 merupakan pelaksanaan praktek yang dilaksanakan di Pilot Plan SEAFAST Center LPPM IPB.

  Kegiatan pelatihan yang diikuti sebanyak 53 peserta ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta UMKM yang akan membuka baru atau memperluas bidang usahanya. Secara khusus pelatihan ini bertujuan agar peserta mengetahui prospek usaha pembuatan abon jantung pisang, sambal dalam kemasan dan selai buah. Selain itu, peserta juga mengetahui proses pembuatannya, serta dibekali dengan pengetahuan analisis finansial, sehingga peserta dapat langsung menerapkan hasil pelatihan ini jika akan membuka usaha pada skala UKM.

  Pelatihan ini dilaksanakan selama 1 hari dengan narasumber yang berkompeten dibidangnya yang berasal dari SEAFAST Center LPPM IPB yaitu Dr. Tjahja Muhandri dan Ir. Sutrisno Koswara, MSi. Materi yang disampaikan pada pelaksanaan hari pertama yaitu Inovasi Produk dan Kinerja Pemasaran; Pemanfaatan Jantung Pisang sebagai Bahan Pangan; Sambal dalam Kemasan; Diversifikasi Pengolahan Buah-buahan; dan Teori Pembuatan Abon Jantung Pisang, Sambal dalam Kemasan, dan Selai Buah.

 Kegiatan hari ke-2 dilaksanakan praktek pembuatan abon jantung pisang, selai buah dan sambal dalam kemasan. Kegiatan pelasanaan praktek berjalan sangat lancar dimana para peserta sangat antusias dalam kegiatan praktek tersebut. Para peserta saat praktek dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok dan dalam mengolah bahan baku didampingi oleh teknisi yang berasal dari SEAFAST Center yaitu Bapak Junaedi, Bapak Deni Suhendro dan Ibu Antin Suswatinah. MAI


Presentations