E-mail Print PDF
Pelatihan
DASAR PENGENALAN GOOD SENSORY PRACTICE
DALAM PELAKSANAAN UJI SENSORI
UNTUK PRODUK PANGAN
Bogor, 3 - 5 Oktober 2017
 Pelatihan DASAR PENGENALAN GOOD SENSORY PRACTICE

  Analisis atau uji sensori merupakan disiplin ilmu yang menggunakan indra manusia (penglihatan, pencicipan, penciuman, perabaan dan pendengaran) untuk mengukur, mengidentifikasi, menganalisis dan mengkuantifikasikan karakteristik suatu bahan pangan dan produk lainnya seperti produk personel care untuk tujuan pengujian dan pengengalian mutu, pengembangan produk, dan penerimaan serta potensi pemarasan produk.

  Analisis sensori memiliki keunikan dibandingkan dengan uji lainnya seperti uji kimia, mikrobiologi dan lainnya, karena instrumen yang digunakan dalam uji sensori adalah manusia yang sangat rentan terhadap bias psikologis. Jenis kesalahan yang sering ditemui dalam pelaksanaan uji sensori biasanya adalah bias, subjektifitas, pemilihan panelis yang salah, pengontrolan variable eksternal yang lemah, informasi yang tidak lengkap, serta pengolahan data yang kurang tepat.

  Untuk mendapatkan hasil pengukuran yang valid dan dapat dipercaya serta meminimalkan efek psikologis dari manusia sebagai instrumen penguji, maka diperlukan suatu standar pengujian yang dapat menjamin hal tersebut. Standar tersebut harus memenuhi standard sensory practices atau standar penyelenggaran uji sensori yang baik. Standar tersebut dapat digunakan seorang analis sensori sebagai acuan dalam melaksanakan uji dan meyakinkan bahwa pengambilan data sensori telah dilakukan dengan semestinya sehingga data yang dihasilkan konsisten dan dapat dipercaya.

PESERTA

Semua personalia dan profesional yang berkecimpung dalam bisnis pangan, pengembangan produk, dan pengawasan mutu pangan disarankan untuk mengikuti pelatihan ini. Jumlah peserta pelatihan terbatas untuk 25 orang.

WAKTU DAN TEMPAT
Hari/tanggal : Selasa - Kamis /3 - 5 Oktober 2017
Pukul : 08.30-16.30 WIB
Tempat : Gedung SEAFAST Center
Jl. Ulin No. 1 Kampus IPB Darmaga Bogor

PENGAJAR PELATIHAN

Prof Dr C Hany wijaya
ahli dalam bidang flavor, dan pengembangan produk pangan fungsional.

Dr Ir Dede R Adawiyah
Koordinator bidang sensori SEAFAST Center, anggota sensory society professional, , pengalaman praktis dalam pendidikan, penelitian, pengujian dan penelitian sensori.

Dr Ir Budi Nurtama
Pengolahan data uji sensori dan optimasi proses pangan.

Dr.-Ing. Dase Hunaefi, STP, MFoodST
Food technologist dan pengembangan produk pangan.

BIAYA PELATIHAN

  Biaya pelatihan per peserta Rp. 4.000.000,- ( Empat juta rupiah). Biaya ini meliputi materi pelatihan, makan siang, snack, sertifikat dan tidak termasuk biaya transportasi dan akomodasi peserta.

Batas akhir pendaftaran 30 September 2017

Biaya pendaftaran dapat ditransfer ke rekening Rektor cq SUA/SUP, Bank BNI dengan nomor rekening 8552150502330114, selambat-lambatnya pada tanggal 30 September 2017

INFORMASI LEBIH LANJUT

Tika

Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan-Fateta-IPB
Kampus IPB Darmaga Po.Box. 220 Bogor
Telp./Fax. 0251 8626 725, HP. 085773899280
Email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

DOWNLOAD Leaftlet

Presentations