E-mail Print PDF
Pelatihan
PROSES THERMAL UNTUK
INDUSTRI PANGAN
Bogor, 25 - 28 Juli 2017
Proses Thermal Untuk Industri Pangan 2017

  Menurut Undang-Undang (UU no 18 tahun 2012 tentang Pangan); keamanan Pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia sert tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi . Bersamaan dengan perkembangan msayarakat; maka tuntutan dan persyaratan keamanan pangan akan semakin ketat. Tantangan ini akan semakin besar jika dikaitlan dengan kebutuhan memenangi persaingan perdagangan internasional.

  Dari sisi pertimbangan keamanan pangan, pangan bersaman rendah (pangan yang memiliki pH lebih besar dari 4,6 dan aw lebih besar dari 0,85) merupakan pangan dengan potensi baya yang tinggi (potentially hazardous foods), karena kondisinya sangat mendukung pertumbuhan mikroorganisme pathogen. Termasuk dalam kategori produk berasam rendah ini antara lain adalah produk pangan dengan bahan baku daging, unggas, ikan, telur, susu dan lain-lain. Untuk mendapatkan produk dengan masa simpan lama tanpa memerlukan pendinginan (shelf stable) maka diperlukan persyaratan dan pedoman pengemasan dan pengolahan yang khusus; yang disebut sebagai proses sterilisasi komersial. Secara internasional; persyaratan dan pedoman khusus ini dituangkan pada dokumen Codex, yaitu Code of Hygienic Practice for Low and Acidified Low Acid Canned Foods (CAC/RCP 23-1979) dan/atau Code of Hygienic Practice for Aseptically Processed and Packaged Low-Acid Foods (CAC/RCP 40- 1993).

  Teknik pengolahan paling popular digunakan untuk proses terilisasi komersial ini adalah proses panas (thermal process) Salah satu pedoman dan peraturan sangat lengkap tentang proses panas (tmerlam process) ini adalah peraturan yang dikeluarkan oleh US-FDA (Code of Federal Regulation/CFR), yang terdiri dari 3 bagian; yaitu (1) Part 110 : Current Good Manufacturing Practice in Manufacturing, Packing, or Holding Human Food, (2) Part 113 : Thermally Processed Low acid Food Packaged in Hermetically Sealed Containersm, dan (3) Part 114 : Acidified Foods. Di Indonesia; hal ini diatur pada Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan, Republik Indonesia, Nomor 24 tahun 2016, tentang Persyaratan Pangan Steril Komersial. Pada pelatihan proses thermal ini, diskusi akan dilakukan dengan mengacu pada persyaratan dan pedoman tersebut diatas. Diakhir pelatihan; akan dilakukan gap analysis; yaitu diskusi tentang “gap” antara praktek di pabrik dan teori (code of practices)

PESERTA

Semua personalia dan profesional yang berkecimpung dalam bisnis pangan, pengembangan produk, dan pengawasan mutu pangan disarankan untuk mengikuti pelatihan ini. Jumlah peserta pelatihan terbatas untuk 20 orang.

WAKTU DAN TEMPAT
Hari/tanggal : Selasa - Jum’at / 25 - 28 Juli 2017
Pukul : 08.30-16.30 WIB
Tempat : Gedung SEAFAST Center-IPB Jl. Ulin No. 1 Kampus IPB Darmaga Bogor

PENGAJAR PELATIHAN

  Pengajar pelatihan adalah staf pengajar pada Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan dan peneliti di Seafast Center yang telah berpengalaman dalam pendugaan umur simpan atau kadaluarsa dan konsultan di industri pangan.

BIAYA PELATIHAN

  Biaya pelatihan per peserta Rp. 5.500.000,- ( Lima juta lima ratus ribu rupiah). Biaya ini meliputi materi pelatihan, makan siang, snack, sertifikat dan tidak termasuk biaya transportasi dan akomodasi peserta.

Batas akhir pendaftaran hari Jum’at tanggal 21 Juli 2017

Biaya pendaftaran dapat ditransfer ke rekening Rektor cq SUA/SUP, Bank BNI
dengan nomor rekening 8552150502330114, selambat-lambatnya 3 hari sebelum
tanggal pelaksanaan (Jum’at, 21 Juli 2017).

INFORMASI LEBIH LANJUT

Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan-Fateta-IPB
Kampus IPB Darmaga Po.Box. 220 Bogor
Telp./Fax. 0251 8626 725, HP. 085773899280
Email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it , This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

DOWNLOAD BROSUR

Presentations