E-mail Print PDF
Apresiasi Lembaga Litbang Pusat Unggulan IPTEK Tahun 2016
Jakarta, 21-23 Desember 2016


Apresiasi Lembaga Litbang 2016

  Direktorat Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi, dan Penelitian Tinggi menyelenggarakan Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2016. Tujuan penyelenggaraan acara ini antara lain memperkenalkan hasil-hasil riset pusat unggulan IPTEK di Indonesia kepada masyarakat luas. Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center – LPPM IPB menjadi salah satu lembaga yang ikut serta berpartisipasi dalam agenda tahunan ini.
  Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2016 ini terdiri dari beberapa rangkaian acara yakni: (1) Gelar Inovasi Produk Unggulan PUI pada 21-23 Desember 2016 di Area Lobby II BPPT Lantai 1; (2) Deklarasi Pusat Unggulan Iptek Tahun 2016 yang dilakukan pada Kamis, 22 Desember 2016 di Auditorium Gedung II BPPT Lantai 3; (3) Forum Silaturahmi PUI Tahun 2016 pada Kamis, 22 Desember 2016 di Ruang Komisi Utama Gedung II BPPT Lantai 3; (4) Stand PUI Corner pada Kamis, 22 Desember 2016 di Area Lobby Gedung BPPT II Lantai 1 dan 3; serta (5) Workshop Penguatan Sinergi PUI Tahun 2016 bertempat di Ruang Komisi Utama Lantai 3. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengembangan Pusat Unggulan Iptek adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kelembagaan, sumber daya dan jaringan iptek dari lembaga litbang dalam bidang prioritas spesifik agar terjadi peningkatan relevansi dan produktivitas serta pendayagunaan iptek dalam sektor produksi untuk menumbuhkan perekonomian nasional yang pada gilirannya dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dalam masa pembinaannya, Pusat Unggulan Iptek akan mengembangkan 3 (tiga) kapasitas kelembagaan yang mencakup kapasitas lembaga mengakses informasi (Sourcing Capacity), kapasitas riset (Research and Development Capacity), dan kapasitas diseminasi (Disseminating capacity).

  Keterlibatan SEAFAST Center dalam Gelar Inovasi Produk Unggulan Iptek Tahun 2016 melibatkan partisipasi dari Dr. Tjahja Muhandri selaku peneliti produk unggulan Mie Jagung, Yuli Sukmawati, STP, Yayan Fitriyan, STP dan Kurnia Dwi Juliani, S.Gz selaku staf kesekretariatan dan promosi SEAFAST Center-LPPM IPB. Gelar Inovasi Produk Ungulan PUI secara resmi dibuka oleh Dirjen Lemlitbang Kemenristekdikti pada tanggal 21 Desember 2016 jam 13,.30. Gelar inovasi produk unggulan SEAFAST Center menampilkan produk mie jagung 100%. Mie Berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari mie jagung 100% ini cukup menarik minat pengunjung untuk mencoba olahan mie jagung serta mendorong semangat pengunjung untuk mendukung program diversifikasi pangan di Indonesia.

  Deklarasi Pusat Unggulan IPTEK yang dilakukan pada hari kedua diwakili oleh Prof. Nuri Andarwulan selaku Kepala SEAFAST Center-LPPM IPB. Pada acara deklarasi ini ditetapkan 23 Lembaga Litbang yang dibina menjadi PUI Tahun 2016, dideklarasikan dengan penandatanganan Sertifikat Masterplan Pengembangan PUI oleh Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti dan pimpinan masing-masing PUI serta disaksikan oleh Menteri Ristekdikti. Selain itu dideklarasikan pula 8 lembaga litbang yang ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek tahun 2016 ditandai dengan penyerahan sertifikat penetapan PUI dan Piala PUI oleh Menteri Ristekdikti. Sebanyak 4 Badan Litbang Daerah Berkinerja Utama Tahun 2016 juga dideklarasikan dengan penyerahan sertifikat dan Piala BPPD berkinerja utama oleh Menteri Ristekdikti. Lembaga Litbang yang memperoleh sertifikat akreditasi KNAPPP diserahkan oleh Menteri Ristekdikti sebanyak 5 lembaga litbang dan 1 diantaranya berasal dari Perguruan Tinggi. Pada kesempatan ini pula apresiasi diberikan kepada mitra indutri pemanfaat produk unggulan PUI Tahun 2016 sebanyak 6 industri. Dalam rangka apresiasi terhadap lembaga litbang yang berinovasi di bidang Sosial Humaniora, Menristekdikti memberikan Sertikat Apresiasi terhadap Revitalisasi Seni Gamelan Digital yang dilakukan oleh Universitas Dian Nuswantoro – Semarang (Undinus), yang diwakili oleh Wakil Rektor 3 Undinus.

  Setelah acara deklarasi PUI Tahun 2016, dilanjutkan dengan Forum Silaturahmi PUI Tahun 2016 dengan tujuan memperkenalkan serta menjadi ajang silaturahmi lembaga PUI yang baru ditetapkan dengan lembaga yang telah ditetapkan sebelumnya. Pada kegiatan ini, SEAFAST Center LPPM IPB diwakili oleh Dr. Puspo Edi Giriwono selaku Sekretaris Pusat SEAFAST Center-LPPM IPB. Forum Silaturahmi PUI yang berlangsung sekitar tiga setengah jam berisi arahan pengembangan PUI.

  Seiring dengan berjalannya kegiatan Deklarasi dan Forum Silaturahmi PUI, di Area Lobby Gedung BPPT II Lantai 3 juga diadakan Stand PUI Corner. PUI Corner yang menjadi sarana pengenalan produk hasil penelitian dan pengembangan khusus di bidang pangan. Kegiatan ini berupa pengadaan stand penyediaan produk pangan yang dapat dinikmati oleh partisipan agenda tahunan ini. Mie jagung yang telah dimasak disajikan kepada partisipan dalam dua bentuk menu pilihan yakni spaghetti dan bakso mie jagung. Masukan dan kesan positif diterima dari beberapa partisipan yang telah merasakan mie jagung.

  Hari ketiga rangkaian acara Apresisasi Lembaga Litbang PUI Tahun 2016 tanggal 23 Desember 2016 berupa Workshop Penguatan Sinergi PUI Tahun 2016 yang diwakili oleh Yuli Sukmawati, STP dan Fitria Slameut, STP. Workshop ini menjadi kesempatan partisipan untuk mengenal sesama lembaga litbang dan memetakan kekuatan, peluang serta kebutuhan antara lembaga litbang baik dalam satu klaster maupun lintas klaster. Pada workshop sinergi PUI terbagi menjadi 7 klaster yang diikuti oleh 72 lembaga litbang PUI. SEAFAST Center LPPM IPB dengan kode lembaga 41 dan masuk dalam klaster Pangan & Pertanian. Workshop ini mendorong partisipasi aktif peserta untuk mendukung penguatan dan bersinergi serta menjalin kerjasama untuk kemajuan pengembangan dan penelitian PUI Iptek di Indonesia.

(KDJ dan YSU).

Apresiasi Lembaga Litbang 2016 Apresiasi Lembaga Litbang 2016
Apresiasi Lembaga Litbang 2016

Presentations