Press Release International Conference 2016

E-mail Print PDF
Press Release International Conference 2016 – SEAFAST Center
Inovasi dalam Pangan Menjadi Kunci Menghadapi Tantangan dan Meraih Keberhasilan dalam Era MEA
PRJ Kemayoran, Jakarta Rabu 21 September 2016
INTL Confference FIA 016

  Seminar Internasional 2016 dengan judul Food Innovations: Asean Economic Community (AEC) Challenges merupakan kolaborasi akademia, bisnis, praktisi industri dan pemerintah yang berperan signifikan di bidang pangan Indonesia. Melihat urgensi menyambut era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang penuh dengan tantangan dan lebih banyak lagi peluang, kolaborasi ABG (PPP) dalam bidang penyebarluasan informasi terkini tentang perkembangan iptek, hasil riset dan inovasi karya ilmuwan Indonesia seperti ini menjadi esensial sebagai motor pendorong peningkatan daya saing bangsa. Penguasaan ilmu dan teknologi terutama yang lahir dari dalam negeri menjadi kunci strategis untuk mengurangi ketergantungan luar negeri, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan bisnis dan ekonomi sektor non migas yang secara konsisten tahun ke tahun tumbuh di atas 5%, terlebih dalam memanfaatkan pakta perdagangan bebas se-kawasan ASEAN.

  Topik substansial yang diusung pada seminar internasional per 2 tahunan kali ini meliputi Isu mutakhir dalam pangan dan peraturannya, inovasi dalam ingredien dan proses pengolahan pangan, perkembangan terkini bidang kesehatan dan nutrisi serta pendekatan terkini menjamin keamanan dan mutu pangan. Seminar internasional ini mendatang narasumber/pembicara internasional dari 8 negara, dihadiri oleh 329 ilmuwan terkemuka dalam bidang pangan se Indonesia yang mempresentasikan hasil riset mutakhirnya, kompetisi riset karya mahasiswa pascasarjana, serta menyelenggarakan kompetisi pengembangan produk makanan prototype karya mahasiswa perguruan tinggi dalam negeri dan internasional (dari National University of Singapore – NUS). Kompetisi seperti ini akan memicu semangat kompetitif para pemimpin masa depan untuk berkreasi dan inovasi menghadapi tantangan bisnis dan pertumbuhan ekonomi.

  Seminar Internasional ini merupakan kerjasama yang dirintis dan dijalankan semenjak 2010 antara SEAFAST Center – IPB, Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI), Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, GAPMMI, dan PT UBM Indonesia PT UBM Pameran Niaga Indonesia. Merupakan bentuk riil kerjasama kemitraan antara akademisi, lembaga pemerintah, dan swasta (ABG) untuk menghimpun dan mempertemukan semua pemangku kepentingan untuk bidang pangan di Indonesia guna meningkatkan ekonomi dan daya saing bangsa (PEG).

INTL Confference FIA 016 INTL Confference FIA 016
INTL Confference FIA 016 INTL Confference FIA 016
INTL Confference FIA 016

Presentations