Fasilitasi Pemecahan Masalah Proses Produksi UMKM di Kabupaten Bogor

E-mail Print PDF


Pada hari Selasa dan Rabu (21-22 Juni 2011) diadakan kegiatan Fasilitasi Permasalahan Proses Produksi UMKM kabupaten Bogor.  Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan kabupaten Bogor.  Kegiatan dilaksanakan di Hotel Laras Hati, Semplak, Kabupaten Bogor. Sebagai narasumber kegiatan tersebut adalah Ir. Sutrisno Koswara, M.Si dan Sumarto, S.TP dari SEAFAST Center IPB.

Acara tersebut dibuka oleh Ibu Kepala Bidang UKM dan ditutup oleh Kepala Dinas KUKM Perindag Kabupaten Bogor. Peserta yang hadir sebanyak 40 orang dari perwakilan 20 kecamatan di kabupaten Bogor. Mereka memproduksi manisan dan sirup pala, rengginang, manisan mangga, jus jambu, keripik jamur dan olahan jamur lainnya, telur kalsium tinggi, olahan nanas, olahan susu, olahan daging kelinci, dodol jambu, minuman kunyit asam, serta produk lainnya.

Peserta diberikan materi tentang cara pengolahan pangan yang baik, pengenalan bahan tambahan makanan, higiene dan sanitasi, pelabelan dan pengemasan, serta diskusi mengenai permasalahan setiap produk yang dihasilkan peserta UKM. Beberapa peserta UKM ingin memperoleh sertifikat SP-PIRT dan Halal, serta membutuhkan dukungan dan pendampingan dalam perbaikan kualitas produk (misalnya umur simpan).

a
back  Set 1/3  next
a
a1
a10
a2
a3

Presentations